PLN UP3 Cianjur Kuatkan SMAP dan Tingkatkan Program Kepatuhan Dukung Program Indonesia Bersih Penyuapan
Cianjur Metro9 blogspot.Com//- komitmen PT PLN Persero dalam mendukung program Indonesia bersih dari praktek penyuapan dan lainnya.Insan PLN bersama stakeholder PLN terapkan pelaksanaan dan penguatan sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001 : 2016 dengan prinsip 4 NOs.
Hal tersebut juga terus dilakukan di lingkungan PLN UP3 kabupaten Cianjur yang selalu menegaskan terkait hal tersebut kepada semua jajaran dan stakeholder atau mitra kerja PLN UP3 Cianjur.
Manager Keuangan dan Administrasi PLN UP3 Cianjur.Nurul Setiorini mengatakan untuk mencegah terjadinya penyuapan dan praktek lainnya di kalangan karyawan serta stakeholder atau mitra kerja PLN UP3 pihaknya semakin menguatkan dan terus meningkatkan program kepatuhan atau SMAP dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan mendeteksi penyuapan.
Penguatan sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) dengan cara meningkatkan program kepatuhannya selalu kita tegaskan kepada semua karyawan dan stakeholder PLN UP3 Cianjur,"kata Nurul saat ditemui di kantor PLN UP3 Cianjur, Jum'at (13/05/2022)
Nurul menjelaskan Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan SNI ISO 37001:2016 memberikan panduan untuk membantu organisasi baik sektor publik, swasta dan nirlaba dalam membangun, mengimplementasikan, dan terus meningkatkan program kepatuhan atau SMAP dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mendeteksi penyuapan.
Terkait SMAP ini yang sering kita lakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan dan mitra kerja kita adalah tentang program atau prinsip 4 NOs," jelas Nurul.
Nurul menerangkan program atau prinsip 4 NOs yang dimaksud diantaranya yaitu :
1.No Bribery (hindari/menolak segala bentuk suap menyuap dan pemerasan).
2.No Kickback (hindari/menolak meminta komisi, tanda terima kasih baik dalam bentuk uang dan dalam bentuk lainnya).
3.No Gift (hindari/menolak penerimaan/ pemberian hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku).
4.No Luxurious Hospitality (hindari/menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan).
Secara garis besar, manfaat implementasi SMAP pada sistem PLN antara lain adalah Proses Bisnis lebih efisien, Peningkatan GCG & Citra Perusahaan ,Memberikan kepercayaan investor dan pelanggan
dan Produk PLN sesuai kebutuhan pelanggan," terang Nurul.
Selain itu Nurul menambahkan Pelaksanaan SMAP ini juga untuk mendukung Transformasi PLN atau aspirasi PLN 2024 yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused.
"Untuk mencapai transformasi, PLN 2024 ini makanya kita tidak mentolerir adanya hal -hal terkait penyuapan dan lainnya,"pungkasnya.
Laporan. : Redaksi
Komentar
Posting Komentar