Jangan Takut Di Diskriminasi RSUD Sayang Cianjur Siap Berikan Pelayanan Prima Dengan "SOMEAH"
Cianjur Metro9blogspot.Com//- RSUD Sayang Cianjur berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik tanpa diskriminasi bagi pasien yang menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Apalagi, diskriminasi dalam pelayanan rumah sakit masih banyak dirasakan pasien. Hal ini dinilai merugikan karena tidak sesuai dengan UU Nomor 44 Tahun 2009 dan UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Pelayanan rumah sakit saat ini merupakan paradoks. Kebanyakan pelayanan rumah sakit di Indonesia, membeda-bedakan pelayanan pasien dari kelasnya, tergantung level finansial pasien.
Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Pengembangan Mutu RSUD Sayang Cianjur dr. H. Sanny Sanjaya SH.Mkes Menjelaskan Bahwa "Pelayanan Prima yg diberikan oleh RSUD Sayang Someah adalah pelayanan yg dilakukan dengan sebaik mungkin sesuai dengan standar prosedur , penuh tanggung jawab , dedikasi , tuntas , adil , merata dan memberikan kepuasan bagi semua pasien yg membutuhkan pelayanan kesehatan di RSUD Sayang.
Pasien harus mendapatkan nilai kelebihan kami yakni pelayanan dengan sepenuh hati ramah , penuh perhatian , berpenampilan sopan , sigap , terampil dan bisa diandalkan. Mengerti akan semua kebutuhan pasien serta berperan aktif dalam pemenuhannya hingga kenyamanan serta kepuasan pasien ketika berobat ke tempat kami , semua akan merasakan hal yg sama puas dan bangga dengan pelayanan RSUD sayang someah , itu harapan kami. "Jelasnya.
dr. Sanny mengungkapkan, pasien BPJS memiliki stigma terhadap pelayanan di rumah sakit. Pasien kerap dilayani secara tidak adil atau diskriminasi.
Khususnya, kasus yang mendukung stigma itu menyebar di masyarakat dan menjadi bahan gunjingan saat berobat menggunakan jaminan BPJS.
"RSUD Cianjur sebagai pelayanan publik yang sudah berperan aktif dalam menghapuskan diskriminasi atas pengguna BPJS," Ungkap dr. Sanny, Saat di hubungi Melalui Pesan WhatsApp. Jum'at (01/6/2022).
dr. Sanny menilai, memberantas diskriminasi terhadap pengguna BPJS telah diterapkan dari pelayanan ramah, pelayanan cepat, setara dan sesuai. Ditambah dengan antrean berobat, pemeriksaan tepat, serta pemberian obat yang sesuai dan cepat.
"Memanusiakan manusia dalam pelayanan publik dimulai dari bagaimana kita memperlakukan setara. Baik pengguna umum maupun BPJS," ungkap dia.
Sampai sekarang ini, dirinya mengaku belum pernah menerima pengaduan bahwa RSUD Sayang tidak melayani dengan baik atau mendiskriminasi pasien BPJS ketimbang pasien umum lainya.
"Kalau sepengetahuan saya, alhamdulillah belum ada pengaduan dari masyarakat yang merasa pasien BPJS didiskriminasi. Semua pasien sama tidak ada yang di istimewa kan,
Apabila ditemukan tindak diskriminasi di RSUD Cianjur, lanjut dia, RSUD Cianjur memiliki bagian handling complain. Pasien bisa mengajukannya melalui WhatsApp, media sosial atau datang langsung ke ruangan bagian handling complain.
"Maka dari itu, saya menghimbau untuk masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, RSUD Cianjur siap memberikan layanan yang terbaik dan pelayanan tanpa diskriminasi," pungkas dia.
Laporan : Novitasari
Komentar
Posting Komentar